Harga Sofa Berbeda meski Model Sama, Ini Sebabnya!

Bagi anda yang akan membeli sofa tentu akan mencari informasi tentang harga juga model yang pas, pas harganya serta pas juga dengan interior rumah yang akan diisi. Sofa tidak seperti produk handphone, saat disebutkan tipe dan gambarnya maka bisa dikatakan seluruh spesifikasi luar dalamnya dari Sabang sampai Merauke identik, karena memang berasal dari sumber/produsen yang sama, sehingga bisa langsung dibandingkan harganya.

sofa minimalis

model sofa minimlis

Berbeda dengan sofa yang diproduksi oleh banyak pengrajin yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Meskipun gambar model warna sama belum tentu materialnya sama. Bagaimana jika semua bahan juga sama, apa hasil akhir juga sama?? bisa jadi sama (alias tidak ada perbedaan yang berarti), namun bisa juga ada sensasi yang berbeda karena memang satu tangan tidak bisa disamakan dengan tangan yang lain. Kalau saya membayangkan tidak jauh dengan koki masakan.

Baiklah, saya akan coba menjabarkan satu persatu seperti pada judul tulisan ini, kenapa ‘harga sofa bisa berbeda meskipun model atau bentuknya sama’.

  1. Model sama tapi material berbeda. Secara absolut ini jelas membuat nilai/harga sofa akan beda. Semakin jauh perbedaan kualitas material yang di pakai, makin jauh juga perbedaan nilainya. Jadi jangan langsung terhipnotis dengan gambar bagus dan dilabeli harga murah yang tidak umum. Tak perlu sungkan untuk menayakan langsung pada penjual tentang material yang digunakan, juga ukurannya.
  1. Margin profit. Material sama model juga sama, namun kadangkala pedagang memiliki kisaran yang berbeda dalam mengambil keuntungan. Sebenarnya pedagang/pengrajin juga memperhitungkan harga dipasaran/kompetitor, jadi jika anda merasa harganya masih logis silahkan dilanjutkan saja.
  2. Harga material tiap daerah. Sudah umum dalam ekonomi, makin jauh asal bahan mentah, makin langka material juga akan membuat harganya makin tinggi. Tapi sepertinya alam juga punya cara untuk mengatur keseimbangannya sendiri. Misalnya, kita melihat produk sofa yang kita incar dijual dengan harga yang jauh lebih murah di Daerah X, mungkin disana harga materialnya memang lebih murah, tapi saat di total dengan biaya pengiriman jatuhnya jadi tidak signifikan perbedaan harganya. Kita tahu furniture/ sofa bukanlah produk 1-2kilogram yang bisa kita kirim lewat jasa kiriman express.
  3. Upah Tenaga. Ini erat kaitannya dengan ketersediaan tenaga terampil dan nilai UMR di daerah produksi. Biasanya di daerah sentra produksi memiliki tenaga terampil yang melimpah.

Sedikit analogi dalam membeli produk furniture model sama harga beda, termasuk sofa. “Jika harganya jauh dibawah pasar, bisa dipastikan kualitasnya juga demikian. Jika harganya tinggi, bisa jadi memang kualitasnya prima atau anda yang membayarnya kelebihan”.

Sebagai gambaran saja:

sofabed, kisaran 1600k – 2500k

sofa bed

Sofa Jaguar 5000k-6500k

sofa jaguar

Semoga artikel ini sedikit banyaknya memberi gambaran untuk anda yang sedang mencari sofa penyempurna kenyamanan hunian tercinta.